Timnas U-19 Kalah 0-3 dari Vietnam

Selasa, 12 September 2017 7:15


(ist)

108jakarta.com - Timnas U-19 Indonesia harus menunggu hingga pertandingan terakhir untuk bisa melaju ke semifinal Piala AFF U-18 2017. Pasalnya, pasukan besutan Indra Sjafri kalah telak 0-3 dari Vietnam pada laga ketiga penyisihan Grup B di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Senin (11/9/2017) sore.


Dengan demikian, skuad Garuda Nusantara harus meraih kemenangan dalam laga pamungkas melawan Brunei Darussalam, Rabu (13/9). Hanya kemenangan yang menjamin Egy Maulana Vikri dkk maju ke babak empat besar.


Melawan Vietnam, Timnas U-19 berusaha mengambil alih permainan sejak awal. Sayang, usaha mereka tak berhasil lantaran tembok pertahanan Vietnam sangat kuat.


Nasib apes menghampiri Timnas U-19 pada menit ke-39 setelah kiper Muhammad Riyandi mengalami cedera. Riyandi minta diganti dan Indra memasukkan Muchamad Aqil Savik.


Satu menit setelah Riyandi ditarik keluar, jaring gawang Timnas U-19 bergetar oleh gol Le Van Nam. Pemain bernomor punggung 21 itu mampu memanfaatkan celah di dalam kotak penalti Timnas U-19 dan langsung melepaskan tendangan keras.


Tempo serangan Vietnam semakin cepat dan terbukti mampu mencetak gol kedua pada menit ke-44. Lagi-lagi Le Van Nam yang mencetak gol dengan melepaskan sundulan ke tiang jauh.


Tertinggal dua gol membuat Timnas U-19 mencoba bangkit pada babak kedua. Peluang emas Timnas U-19 datang pada menit ke-47 lewat tendangan keras Muhammad Lutfhi dari luar kotak penalti, sayangnya hanya menipis ke sisi kanan gawang Vietnam.


Vietnam mencoba menerapkan pola permainan bertahan dengan menumpuk hampir semua pemainnya. Timnas U-19 mencoba bermain lebih sabar untuk memasuki pertahanan lawan.


Memasuki menit ke-55, Indra Sjafri memasukan Witan Sulaeman untuk menggantikan Hanis Saghara. Otomatis, lini depan Timnas U-19 dipercayakan kepada Egy Maulana Vikri demi mengejar ketertinggalan dua gol.


Beberapa kali pergerakan cepat Egy harus dijatuhkan oleh pemain belakang Vietnam. Spekulasi tembakan jarak jauh pun dilakukan demi mencetak gol perdana.


Demi menambah daya serang, Indra Sjafri memasukan Samuel Christianson Simanjuntak untuk menggantikan Firza Andika pada menit ke-75. Beberapa peluang hadir tetapi belum bisa mencetak gol.


Alih-alih mencari gol, gawang Timnas U-19 justru kebobolan lagi pada menit ke-86 yang dicetak Bui Hoang Viet Anh. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai.


Dengan demikian, Timnas U-19 Indonesia tetap memiliki nilai enam dan berada di posisi kedua. Ada kemungkinan posisi Rachmat Irianto dkk turun andai Myanmar menang besar atas Filipina dalam laga yang dimulai pukul 18.30 WIB.


Sementara itu Vietnam sudah aman di puncak dan memastikan diri lolos ke semifinal. Mereka memiliki nilai sempurna dari tiga laga yang sudah dimainkan.


Susunan Pemain

Indonesia (4-1-3-1-1): Muhammad Riyandi/M Aqil Asviq (38'); Rifad Marasabessy, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika/Samuel Christianson (75'); M Luthfy; Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri; Muhammad Iqbal; Hanis Saghara/Witan Sulaeman (55')


Pelatih: Indra Sjafri


Vietnam (3-5-2): Ye Li Nie (g); Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lie Quang Vinh; Pham Van Luan, Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Taon, Truong Tien Anh; Le Van Nam, Le Xuan Tu


Pelatih: Hoang Anh Tuan


(ayb/int)


Berita Terkait
Kalahkan Ganda Taiwan, Fajar/Rian Lolos ke Babak Kedua Jepang Terbuka
Crutchlow Sebut Michael van der Mark tak Cocok Gantikan Rossi
Sirkuit Internasional Jakabaring Disebut Siap Gelar MotoGP Pada 2019
Fans Rossi Minta Maaf Atas Ejekan ke Marquez
Ousmane Dembele Cedera Parah, Barcelona Untung?

Please login for commentKomentar
emma
Vietnam masih belum bisa terkalahkan, jangan patah semangat,,permainan tim U-19 juga udah makin bagus kok
Marsim
ngga apa2 kalah yg penting teteap semangat karena ada pertandingan berikutnya yg sangat penting agar bisa lolos ke senifinal indonesia pasti bisa semangat terua kami mendukungmu.
bengbeng
Sebenarnya kalau di lihat dari segi permainan tim Indonesia tidak kalah penguasaan bolanya tapi hanya saja selalu miss di setiap finishing dan lebih bermain individual
alya
harus terus bersemangat lagi dalam berlatih bagi timnas indonesia
Jakapoleng
jadikan momen kekalahan ini sebagai penilaian pelatih agar bisa memperbaiki dan melengkapi apa yang kurang pada Timnas U-19.
novel
Emang kaga ada sejarahnya tim kita bisa menang lawan vietnam..dari dulu pun sering kalah walau dlm setiap usia...apalagi ini U-19 masih pd muda2 bgt blm byk pengalaman
sumaryani
harus banyak belajar dan berlatih lagi agar bisa menang dari lawan
Kokomkomariah
kalau dilihat dari pertandingan dengan philippine tempo hari.. seharusnya lebih banyak gol yang masuk, tetapi tendangan-tendangan mereka banyak yang meleset dan sangat disayangkan, sebenarnya dari sana sudah kelihatan bahwa tim u19 masih perlu banyak belajar dan latihan...